Tari Dunhuang


Tarian ini biasa disebut pula dengan tarian Fei Tian.
Tarian Fei Tian (Hanzi sederhana: 飞天) oleh Grup Tari Die Meng dari Sastra China Binus University

Tari Dunhuang adalah kumpulan tari dari tari tradisional Cina yang terinspirasi dari fresko (lukisan dinding) di daerah Dunhuang, provinsi Gansu, di Barat Cina. Tarian di Dunhuang ini banyak terpengaruh oleh agama Buddha. Tarian ini sangatlah indah dan megah, benar-benar mencerminkan kekayaan budaya Cina.
Beberapa tarian yang termasuk Tari Dunhuang adalah Dunhuang Meng, Fei Tian dan Tarian Seribu Tangan.
Tarian jenis identik dengan Buddha, peri, teratai dan dewi terbang.



Fei Tian

Dewi Terbang (Hanzi sederhana: 飞天; pinyin: Fei Tian dalam bahasa Indonesia sendiri adalah salah satu tarian yang terkenal dari Dunhuang. Sebenarnya gambaran dewi di Dunhuang adalah gambaran dewi dari India yang kemudian digabung dengan dewi terbang mitologi Cina "Yuren". Pada akhir abad 5, gambaran dewi itu memiliki wajah yang bulat, alis yang panjang dan mata sipit. Rambutnya disanggul ke atas dan menggunakan selendang panjang di pundak.

Dalam Tari Dunhuang, dewi-dewi itu terbagi menjadi dua macam. Salah satunya adalah Dewi musik dan tarian. Dewi ini bertanggung jawab dalam menyediakan musik dan tarian kepada Buddha. Jenis satunya adalah Dewi bunga yang bertanggung jawab menyediakan bunga untuk ritual Buddha.

Kedua jenis ini memiliki gerakan yang berbeda. Dewi musik dan tarian memiliki gerakan menari yang indah dan memainkan musik. Sedangkan Dewi Bunga memiliki gerakan menabur bunga yang indah.

Tari Dunhuang sendiri banyak berpusat pada dewi terbang sebagai patokan gerakan utama.

0 Response to "Tari Dunhuang"

Posting Komentar

ma VIDEO

Slide Show

Welcome in my site ! Jangan lupa isi buku tamunya ya? Dan juga jangan lupa mampir lagi di blog puthreefourstarz.blogspot.com ini. Terima kasih atas kunjungannya =)).